Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rangkuman Materi Application Letter

Sumber : freepik.com


Application letter atau surat lamaran pekerjaan merupakan salah satu surat resmi yang digunakan untuk melamar pekerjaan yang dituju. Namun dalam application letter ini diterapkan menggunakan Bahasa Inggris. Anda bisa saja menerapkannya disaat melamar bagian tertentu yang mengharuskan anda bisa berbahasa Inggris.


Application letter sering disebut sebagai CV (curriculum vitae) dimana sebuah lamaran pekerjaan yang dikirim beserta aplikasi pekerjaan ke suatu perusahaan. Dalam membuat application letter ini juga memerlukan tips agar penulisan dapat dilakukan dengan benar. Sehingga perusahaan akan melihat dan mempertimbangkan tulisan lamaran pekerjaan yang anda buat.

 

Format Pembuatan Application Letter

Dalam membuat application letter, anda harus memperhatikan beberapa hal supaya tulisan anda dapat diterima oleh perusahaan. Berikut ini adalah beberapa format pembuatan application letter yang bisa anda terapkan!


1.    Heading

Bagian heading dalam membuat application letter bukan berupa judul saja. Melainkan beberapa informasi lengkap mengenai identitas diri anda. Beberapa diantaranya seperti nama lengkap, tempat tanggal lahir, nomor telepon, email, dan lain sebagainya.

 

Dan hal-hal penting lainnya seperti nama perekrut, jabatan dan alamat lengkap perekrut harus dicantumkan secara jelas pada application letter yang anda buat. Dengan begitu, bagian awal tidak akan menjadi masalah untuk kelanjutannya.

 

2.    Subject

Format yang kedua adalah subjek. Hal ini diperuntutkan untuk pelamar yang mendaftar secara online melalui gmail. Pelamar kerja harus mencantumkan subjek yang ada di dalamnya. Anda harus mengisikan subjek tersebut dengan benar.

 

Pada bagian ini, anda bisa menuliskan pekerjaan yang akan dilamar beserta nama lengkap anda. Dengan begitu, dari pihak perusahaan akan mudah mengenali anda dan juga jabatan yang diminta.

 

3.    Greeting

Greeting merupakan sapaan atau kalimat yang diungkapkan untuk memberikan rasa hormat kepada perekrut. Untuk kalimat sapaan yang dapat anda gunakan dalam pembuatan application letter yaitu Dr/Mr/Mrs. Anda juga dapat menuliskan Deaing hiring manager bila tidak mengetahui nama perekrutnya.

 

4.    Body Of Letter

Bagian yang satu ini berisikan sebuah isi mengapa anda melamar ke perusahaan yang akan dilamar. Terdapat tiga bagian yang bisa anda terapkan pada bagian pertama, pertengahan dan akhir. Untuk bagian pertama, anda bisa menjelaskan mengapa membuat surat lamaran tersebut.

 

Pada bagian kedua, anda bisa menuliskan apa yang anda tawarkan pada perekrut berdasarkan pengalaman dan kemampuan bekerja yang sudah anda lakukan. Dan pada paragraph terakhir bisa anda tuliskan ucapan rasa terima kasih kepada perekrut sebagai rasa hormat.

 

5.    Signature

Signatur menjadi salah satu format yang sangat penting untuk anda terapkan dalam membuat application letter. Disini anda harus menggunakan bahasa yang sopan. Bahasa yang digunakan juga harus mudah dipahami oleh pembacanya. Sehingga akan ada kesempatan besar bagi anda untuk diterima di perusahaan tersebut.

 

Selain itu, anda juga harus menuliskan tanda tangan beserta nama lengkap anda secara jelas. Namun jika anda mendaftarnya melalui email, anda tinggal menuliskan namanya saja pada kolom yang tersedia.

 

Format tersebut harus anda pahami supaya bisa membuat application letter dengan baik. Anda bisa memulainya dari awal hingga akhir dan pastikan anda menggunakan bahasa yang jelas. Dengan memahami beberapa format di atas, pastinya anda bisa membuat application letter dengan baik sebelum menghadiri job interview.

 

Itulah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai apa itu application letter. Anda dapat mengetahui tentang application letter seperti yang sudah dijelaskan di atas. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk anda, terima kasih.