Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Pertanyaan yang Sering Muncul Saat Wawancara Kerja

Sumber :  freepik.com

Job interview atau wawancara kerja sepertinya sudah tidak asing lagi bagi anda. Wawancara kerja merupakan suatu tahapan dalam seleksi kerja antara pelamar kerja dengan pihak yang mewakilkan perusahaan. 


Biasanya wawancara dilakukan seputar pertanyaan-pertanyaan mengecoh yang mengharuskan pelamar kerja menjawab dengan tepat.


Tujuan dari dilakukannya job interview adalah untuk mengetahui apakah calon pekerja yang dicari sesuai dengan karakteristik yang dibutuhkan perusahaan atau tidak. Job interview harus dijuasai oleh pelamar kerja jika ingin dirinya diterima di suatu perusahaan yang dilamar.

 

Tips & Trik Menjawab Pertanyaan Job Interview Bahasa Inggris

Biasanya terdapat beberapa pertanyaan dalam Bahasa Inggris yang sering muncul yaitu sebagai berikut!


Tell me About Your Self

Pertanyaan seperti ini seringkali muncul, disini anda akan diminta untuk menceritakan tentang diri anda. Untuk jawaban bisa dilakukan secara singkat dan jelas seperti contoh di bawah ini!


“My name is Fiona. I’m 20 years old. I was graduate from Universitas Indonesia with Communication major. When I was in collage I also active in organizations. Furthermore, I have internship experience in Public Relation (PR) Agency for 6 months”

 

What Are Your Goals?

Pertanyaan yang selanjutnya yaitu menanyakan apa tujuan yang akan dicapai oleh pelamar kerja di masa yang akan datang. Pertanyaan ini ditujukan untuk mengetahui komitmen dari seseorang yang melamar untuk perusahaan yang akan dilamar.


Contoh:

“My goal is to make a difference and bring positive impact to company. Within 5 years, I am going to generate your company as the top 3 Public Relation Agency in Indonesia”

 

Please Tell me About Your Strenght and Weakness

Anda bisa saja akan mendapatkan pertanyaan tentang kelebihan dan kekurangan yang dimiliki anda sendiri. Disini anda bisa menjawab kelebihan dan kekurangan yang berhubungan dengan perusahaan.


Contoh:

“My strengths are I’m a good listener and pay close attention to people. I make sure their needs are fullfield”

“To make important deision, I need time to think and do some researches”

 

Why Should We Hire You?

Untuk menjawab pertanyaan seperti ini, anda bisa mengutarakan nilai-nilai plus yang anda miliki. Disini anda harus menunjukan seberapa besar tingkat kepercayaan dalam mencapai tujuan yang ingin dilakukan.


“I have experience in PR Agency before. Also me and my partner won first pace in PR competition. We work hard together as a team to find best solution for the study case given”

 

What Does Succes and Failure Mean to You?

Untuk pertanyaan yang satu ini ditujukan untuk mengetahui diri anda dalam melihat kesuksesan dan juga kegagalan. Apakah anda termasuk orang yang mampu mengapresiasi diri sendiri atau tidak.


Semuanya akan terlihat dalam job interview saat dilontarkan pertanyaan seperti ini. Untuk menjawabnya, anda bisa mengikuti beberapa kalimat seperti di bawah ini!


Contoh:

“Succes is when I can finish my job on time with maximum result”

“Failure is when I cannpt finished my job not on time”


Masih ada pertanyaan lain yang mungkin akan diberikan oleh pihak perusahaan. Yang terpenting anda harus bisa menjawabnya dengan tepat mengenai pertanyaan yang diberikan perusahaan.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai job interview. Berbagai informasi di atas dapat anda terapkan secara langsung untuk kedepannya. Semoga informasi tersebut bermanfaat, terima kasih.