Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pendaftaran VIERA untuk Persiapan Tes TOEIC Online SMK

 

Gambar : pexels-julia-m-cameron

KANTINPENDIDIKAN.COM -Pada tahun 2021 Kemendikbud mengadakan Program Ujian Sertifikasi Internasional Test of English for International Communication (TOEIC). Tes kemampuan Bahasa Inggris bagi siswa/siswi SMK yang disebut dengan Vocational Institution English Language Readiness Assessment (VIERA). 

Pelaksanaan tes secara online via android dengan jumlah soal sebanyak 100 butir terdiri dari 50 soal reading dan 50 soal listening. 

Semua soal dalam bentuk pilihan ganda. Waktu yang diberikan untuk  mengerjakan soal adalah 60 menit dengan pergantian soal secara otomatis setiap 5 detik. Untuk pilihan waktu mengerjakan adalah antara pukul 00.00 s.d. 24.00.

Pendaftaran biasanya dilakukan secara kolektif oleh pendamping di masing-masing sekolah.  Apabila sudah melakukan pendaftaran maka data akan diverifikasi terlebih dahulu.

Selanjutnya adalah menunggu hasil verifikasi. Apabila sudah sesuai maka setiap siswa yang mendaftar akan mendapatkan nomor pendaftaran yang dikirimkan kepada pendamping di sekolah masing-masing. 

Apabila sudah mendapatkan nomor registrasi maka secara individu siswa melakukan beberapa prosedur berikut ini :

A. Pra Pelaksanaan Tes

1) Segera melakukan konfirmasi data diri sebelum jadwal pelaksanaan tes dengan cara:

 Akses www.aitisii.com

 Pilih ‘Masuk Sebagai Siswa/Peserta Tes’

 Log in dengan 8 digit kode unik sekolah yang berupa Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan nomor peserta masing-masing

Konfirmasi data diri

2) Mengunduh aplikasi VIERA di Play Store 

Dengan panduan yang telah diberikan (tanya kepada pendamping) atau dengan cek link unduh pada portal masing-masing

3) Menyiapkan perangkat android untuk tes dan headset serta paket data 

Sambil menunggu jadwal pelaksanaan tes. Akses untuk tes biasanya bisa dilakukan mulai pagi hingga sore atau malam, silakan memilih pada saat sinyal atau jaringan bagus sesuai dengan paket data masing-masing.

B. Pada Saat Pelaksanaan Tes

1) Mengikuti petunjuk untuk mengikuti tes

2) Mengisikan kode kehadiran mengikuti tes VIERA sebagai tanda telah mengikuti tes

C. Pasca Tes

Menunggu pengumuman tes VIERA. Bagi yang lulus passing grade maka selanjutnya akan mengikuti ujian TOEIC secara online. 

Jadwal pelaksanaan tes TOEIC biasanya akan diberitahukan setelah jangaka waktu tertentu melalui pendamping pada tiap  sekolah masing-masing.

Jumlah soal tes TOEIC adalah 200 butir dengan durasi waktu untuk mengerjakan soal adalah 120 menit.

Pelaksanaan ujian online menggunakan komputer yang bisa dikerjakan dari rumah atau dari sekolah. Pada tahun 2021 kemarin, setiap komputer yang digunakan untuk tes harus dinstal aplikasi CBT yang ditentukan oleh ITC. 

Selain aplikasi tersebut, peserta juga harus menginstal aplikasi remote  viewer dan mengaktifkan aplikasi daring.

Pengumuman hasil tes TOEIC akan diberikan beberapa bulan setelah pelaksanaan tes TOEIC. Sertifikat hasil tes TOEIC dikirimkan secara langsung ke alamat sekolah masing-masing melalui jasa pengiriman barang. Demikian tahapan pelaksanaan tes TOEIC untuk siswa-siswi SMK.

Demikian alur pendaftaran VIERA sebagai syarat mengikuti tes TOEIC dalam program Sertifikasi Bahasa Inggris bagi siswa/siswi SMK. 

Posting Komentar untuk "Pendaftaran VIERA untuk Persiapan Tes TOEIC Online SMK"