Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Materi Bahasa Inggris untuk SMP Kelas 7, 8, 9 Kurikulum 2013

materi bahasa inggris smp kurikulum2013

kantinpendidikan.com -Pelajaran Bahasa Inggris untuk siswa SMP susah-susah gampang. Apalagi untuk pemula Bahasa Inggris. Kalian bisa mempelajari  rangkuman  materi  Bahasa  Inggris SMP secara simple dengan menyimak penjelasan berikut ini!

Materi Bahasa Inggris SMP Kelas 7

● Semester 1:

1. Greetings

Saat berjumpa dengan orang lain, kita pasti menyapa, kan? Menurut KBBI, kata sapaan berarti ajakan untuk bercakap atau lain sebagainya.

Nah, untuk menyapa orang lain, ada berbagai cara  yang bisa kalian lakukan, Kak. Misalnya, dengan mengucap “Hey!”, “Halo!”, atau bertanya kabar dengan “How are you?”

2. Leave Takings

Berbeda dengan sapaan, leave takings dapat kalian utarakan saat akan berpisah dengan orang yang baru saja berinteraksi dengan kalian, Kak.

Kalian bisa berucap ekspresi simpel seperti “Good bye” atau “I’ll talk to you later”.

3. Self-introduction

Hal pertama yang wajib kalian lakukan saat pertama kali berkenalan dengan orang baru atau pertama kali berada di lingkungan baru adalah memperkenalkan diri.

Hal apa yang pertama kali kalian sebutkan saat memperkenalkan diri? Tentu saja nama kalian, Kak. Nah, kalian bisa mengucapkan "My name is …".

4. Expressing Gratitude

Menurut Cambridge Dictionary, gratitude artinya "the feeling or quality of being grateful". Dalam kata lain, gratitude berarti perasaan syukur.

Nah, ada banyak cara nih, Kak, untuk mengungkapkan rasa syukur kalian. Contohnya adalah dengan mengucapkan ekspresi seperti "Thanks!" atau "It means a lot to me!".

Jika ada seseorang mengutarakan perasaan syukur kepada kalian, kalian bisa memberikan respon seperti "My pleasure" atau "Don't mention it" dan lainnya.

5. Apologizing

Ekspresi seperti "I'm sorry" atau "I didn't mean to do that" dan lain-lain.

6. Personal Pronoun

Dalam bahasa inggris, personal pronoun atau kata ganti diri ada beragam. Misalnya, untuk mengucapkan kata ganti tunggal untuk "saya", kalian bisa memakai I, me, my, mine, myself.

Contoh lain adalah kata ganti jamak untuk "kami", yaitu we, us, our, ours, ourselves.

7. Grammar: To Be

Dalam bahasa inggris, kalian perlu menambahkan kata bantu untuk memberikan keterangan setelah subjek. Nah, kata bantu tersebut berguna untuk menjelaskan kondisi yang sedang atau telah terjadi.

Untuk subjek I, kata bantu yang tepat adalah am. Lalu, untuk subjek you, we, they, kata bantu yang tepat adalah are. Sedangkan, untuk subjek he, she, it, kata bantu yang tepat adalah is.

8. Articles

Articles atau kata sandang merupakan kelas kata yang berfungsi untuk mengiringi kata benda tertentu agar sesuai.

Pada dasarnya, articles terbagi menjadi 2 jenis, yaitu indefinite articles dan definite articles.

Indefinite articles berfungsi untuk menunjukkan kata benda yang belum pasti dalam sebuah kalimat. Kata sandang ini berupa a/an.

Sedangkan, definite articles berfungsi untuk menunjukkan kata benda yang sudah pasti. Kata sandang ini berupa the.


● Semester 2:

1. Family Members

Kosakata tersebut misalnya father, mother, brother, sister, aunt, uncle, nephew, niece, cousin, daughter, son, grandpa, grandma, dan lain-lain.

2. Telling Time (Clock and Date)

Menunjukkan waktu mungkin cukup sederhana dalam bahasa Indonesia. Namun, terdapat aturan-aturan tertentu untuk menunjukkan waktu dalam bahasa Inggris, baik itu berupa jam maupun tanggal.

Untuk menunjukkan waktu berupa jam, kalian bisa menggunakan ekspresi "It is seven o'clock". Sedangkan, untuk menunjukkan tanggal, kalian bisa mengucap misalnya "It is January 2nd".

3. Descriptive Text

Sesuai dengan namanya, teks deskriptif memiliki fungsi untuk mendeskripsikan sesuatu. Misalnya, kalian ingin mendeskripsikan tentang kamar tidur milik kalian.

Nah, kalian bisa menjelaskan letak barang-barang di kamar tidur kalian, benda apa saja yang ada di sana, warna tembok kamar tidur kalian, dan hal lain yang dapat menjelaskan tentang kamar tidur tersebut.

4. Simple Present Tense

Simple present tense adalah jenis tenses yang berguna untuk menjelaskan sesuatu yang umum, kebiasaan, dan kebenaran umum.

Misalnya, kalian ingin mengatakan kebenaran umum seperti "Langitnya biru" atau kebiasaan seperti "Saya bekerja tiap hari".

Nah, kalian bisa berujar dengan "The sky is blue" atau "I work every day".


Materi Bahasa Inggris SMP Kelas 8

● Semester 1:

1. Showing Prohibition

Prohibition atau larangan umumnya menggunakan modals must not/cannot.

Lalu,  obligation  atau  keharusan  umumnya  menggunakan  modals  must/have to.

Sedangkan, recommendation atau saran umumnya menggunakan modals

should/could.

2. Short functional texts: Greeting Cards, Notice, dan Announcement

Short functional text adalah teks pendek yang memiliki fungsi sosial untuk memberikan informasi mengenai suatu hal.

Greeting cards atau kartu ucapan umumnya berisi mengenai ucapan yang dikirim secara personal, misalnya ucapan selamat atas kelahiran bayi.

Lalu, notice biasanya berbentuk teks super pendek atau bahkan simbol untuk memberi tahu mengenai sesuatu, misalnya, rambu lalu lintas.


● Semester 2 :

1. Prepositions of Place

Preposition berarti kata depan. Sedangkan, preposition of place adalah kata depan yang menunjukkan tempat pada suatu kalimat.

Beberapa contoh prepositions of place adalah above, under, behind, beside, below, between, in front of, inside, outside, dan seterusnya.

2. Grammar: There is, there are

There is dan there are umum digunakan sebagai penunjuk keberadaan seseorang atau suatu benda. Misalnya, "There is a book under the table" atau "There are people outside our house".

3. Comparative Degree

Sesuai dengan namanya, comparative degree berfungsi untuk membandingkan dua objek yang merujuk pada suatu hal.

Misalnya, membandingkan apakah objek satu lebih cepat, lebih besar, lebih tinggi, dan lebih-lebih lainnya dibandingkan objek lainnya.

Kosakata penunjuk perbandingan ini misalnya adalah more atau more than.

4. Countable and Uncountable Nouns

Nouns merupakan salah satu kelas kata dalam Bahasa Inggris. Nah, kata benda yang countable berarti dapat dihitung, misalnya house, book, cat, dan lain-lain.

Nah, kalau kata benda yang uncountable berarti tidak dapat dihitung, misalnya tea, sugar, water, dan lain-lain.


Materi Bahasa Inggris SMP Kelas 9

● Semester 1:

1. Expressing Hope and Wish

Hope dan wish adalah bentuk kalimat yang mirip namun tak sama.

Hope lebih menyatakan harapan terhadap sesuatu yang mungkin terjadi. Sedangkan, wish adalah harapan terhadap sesuatu yang mustahil terjadi.

Contoh kalimat hope adalah "I hope it doesn't rain today" atau "I hope it will be sunny today". Sedangkan, contoh kalimat wish adalah "I wish you were here" 

2. Congratulating and Complimenting Others

Saat seseorang memiliki pencapaian, kalian pasti akan memberi selamat, kan? Nah ucapan selamat tersebut umumnya menggunakan ekspresi "Congrats!" atau “I’m so proud of you!”.

Sedangkan, jika kalian kagum terhadap sesuatu yang orang lain miliki, kalian pasti akan memberikan pujian. Misalnya, "You look pretty today" atau "Your dress is stunning".

3. Responding to Congratulations and Compliments

Nah, setelah tahu cara memberi selamat dan pujian, kalian juga wajib tahu bagaimana cara merespon kalau-kalau kalian mendapatkan selamat dan pujian.

Ekspresi umum untuk merespon selamat dan pujian adalah “Thank you”,  “That  is so kind of you”, atau “Thank you for noticing”.

4. Asking for and Giving Opinion

Menurut KBBI, opini adalah pendapat atau pikiran. Memberikan atau meminta opini mengenai sesuatu adalah hal yang umum kita alami sehari-hari.

Untuk memberi sebuah opini, kalian bisa memakai ekspresi semacam "I think

…" atau "In my opinion, …".

Sedangkan, untuk bertanya tentang opini seseorang, kalian bisa  menggunakan ekspresi "What do you think about …?" atau "What are your thoughts about …?"

5. Agreement and Disagreement

Saat orang lain memberikan opini terhadap suatu hal, pasti kalian pernah,  kan, merasa setuju atau tidak setuju? Tentu saja karena itu adalah hal yang lumrah, Kak!

Nah, ekspresi untuk menyatakan persetujuan misalnya "I couldn't agree more". Sedangkan, ekspresi yang menyatakan ketidaksetujuan misalnya "I don't think  so, …"


● Semester 2:

1. Reading Labels

Melansir Cambridge Dictionary, label adalah sebuah kertas atau bahan lain yang memberikan informasi mengenai suatu barang.

Umumnya, label diselipkan untuk produk-produk yang ditujukan untuk umum, Kak, seperti pakaian, buku, obat, dan pada produk lainnya.

Beberapa macam label yang akan kalian pelajari adalah Nutrition Facts, Clothes’ Label, dan Prescription Label, Medicine Label.

2. Procedure Text

Teks prosedur memiliki berfungsi untuk menjelaskan tata cara membuat atau menggunakan sesuatu. Biasanya, teks prosedur digunakan pada manual book atau buku resep.

Contoh teks prosedur yang umum ditemui misalnya "How to make orange juice", "How to make a cup of coffee", atau "How to fix a broken laptop".

3. Modals

Modals adalah jenis kata kerja yang berguna untuk menunjukkan modalitas. Modalitas tersebut antara lain kemampuan, izin, saran, kewajiban, dan kemungkinan.

Contoh  dari  kata  kerja  modals  adalah  can/could,  may/might,  will/would, shall/should,  must,  dan  have  to.  Kata-kata  ini  terletak  sebelum  kata  kerja dalam suatu kalimat.

4. Passive Voice

Dalam bentuk pasif, struktur kalimat yang umum terjadi dalam bentuk subjek yang melakukan sebuah pekerjaan harus dibalik. Jadi, pada bentuk pasif, si subjek berakhir menjadi objek yang dikenai atau menerima tindakan.

Contoh dari bentuk passive voice adalah dari "She hit her boyfriend" menjadi "Her boyfriend was hit by her".

Nah, itu dia sekilas rangkuman materi Bahasa Inggris SMP kelas 7, rangkuman materi Bahasa Inggris kelas 8, dan rangkuman materi Bahasa Inggris kelas 9.

Materi Bahasa Inggris SMP kelas 7 8 9 di atas dibuat sedemikian rupa agar mudah Kakak pahami, lho!

Materi Bahasa Inggris SMP tersebut dapat Kakak pakai untuk salah satu sumber belajar Bahasa Inggris termudah. 






 


Posting Komentar untuk "Materi Bahasa Inggris untuk SMP Kelas 7, 8, 9 Kurikulum 2013 "