Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Materi Bahasa Inggris SMP/MTs Kurikulum 2013 Kelas 9 Narrative Text

KANTINPENDIDIKAN.COM - Mapel Bahasa Inggris menjadi salah satu mata pelajaran yang banyak diminati oleh siswa. 

Hal itu dikarenakan ketertarikan mereka dengan Bahasa asing menjadikan mereka ingin belajar dengan baik materi Bahasa Inggris. 

Bila anda mampu memahaminya dengan baik, maka akan sangat bermanfaat untuk kedepannya.

Memasuki kelas 9 SMP, anda sudah harus lebih banyak lagi memahami berbagai macam materi Bahasa Inggris. 

Salah satunya adalah materi narrative text yang cukup penting untuk anda pelajari. 

Materi tersebut biasanya akan dikeluarkan pada saat ujian nanti. Maka dari itu, sangat penting untuk anda memahami terlebih dahulu mengenai materi narrative text.

 

Pengertian Narrative Text

Narrative text adalah suatu jenis teks Bahasa inggris yang di dalamnya bertujuan untuk menceritakan suatu cerita yang memiliki rangkaian peristiwa secara kronologis yang saling terkait antara satu sama lain. 

Narrative text sendiri memiliki tujuan guna menghibur para pembacanya mengenai kisah cerita yang disampaikan. 

Dengan adanya teks naratif akan memberikan kesan yang menarik bagi siapa saja yang membacanya. 

Anda juga bisa membuat sendiri mengenai narrative text untuk disampaikan kepada pembaca.

 

Ciri-Ciri Narrative Text

Narrative text memiliki karakteristik, beberapa diantaranya sebagai berikut :

-     Menggunakan action verb dalam bentuk past tenses.

-     Menggunakan noun tertentu sebagai kata ganti orang.

-     Menggunakan adjective yang membentuk noun phrase.

-     Menggunakan conjunction untuk mengurutkan suatu kejadian.

 

Jenis Narrative Text

Narrative text terbagi menjadi beberapa macam, hal ini yang menjadikan perbedaan tersendiri antara narrative text dengan jenis teks lainnya. Berikut beberapa jenis narrative text yang dapat anda ketahui:

-          Fairy tale

-          Mystery

-          Science fiction

-          Romance

-          Horror

-          Fable

-          Myth and legend

-          History

-          Slice of life

-          Personal experience

-   

Generic Structure of Narrative Text

Dalam membuat teks naratif, anda perlu mengetahui berbagai macam struktur yang ada di dalam narrative text

Hal ini ditujukan untuk membedakan antara narrative text dengan jenis teks lainnya. Hal itulah yang menjadikan narrative text memiliki karakteristik tersendiri. 

Berikut ini adalah beberapa macam struktur narrative text yang dapat anda ketahui sebagai berikut:


-          Orientation

Struktur narrative text yang pertama adalah orientation. Pada bagian ini biasanya disebut sebagai pendahuluan yang di dalamnya berisikan tentang siapa, kapan, dan di mana suatu cerita ditetapkan.

 

-        Complication

Complication merupakan bagian struktur narrative text yang mencertakan awal terjadinya suatu permasalahan yang menyebabkan puncak masalah. Biasanya hal ini sering disebut sebagai klimaks. Beberapa karakter utama dari cerita yang disampaikan dalam narrative text.

 

-          Resolution

Bagian yang satu ini merupakan akhir dari cerita atau permasalahan yang terjadi. Masalah dapat diselesaikan menjadi lebih baik atau lebih buruk tergantung dari cerita yang disampaikan. Biasanya akan ada ending yang berakhir bahagia ataupun yang lainnya.

Dalam hal ini juga seringkali terdapat beberapa resolusi yang bermasalah untuk dapat dipecahkan. 

Penulis sengaja menerapkan hal ini guna menambah dan mempertahankan minat para pembacanya. Biasanya hal ini terdapat di beberapa genre horror atau misterius.

 

-          Re-orientation

Bagian yang selanjutnya adalah penutup dari suatu cerita yang memiliki sifat opsional. Pada bagian ini bisa berisikan tentang pelajaran moral, saran atau pengajaran dari penulis itu sendiri kepada pembacanya.

Jika anda ingin membuat narrative text, pastikan anda untuk memahami berbagai macam struktur dari narrative text. Dengan begitu, hasil narrative text yang dibuat nantinya akan baik dan juga benar.

 

Contoh Narrative Text

Adapun salah satu contoh narrative text yang bisa anda jadikan referensi bila ingin membuatnya sendiri sebagai berikut!

 

Cinderella

Once upon a time, there lived a girl named Cinderella. She lived with her step mother and two step sisters. The step mother and her two daughters didn’t like Cinderella. They treated Cincerella very bad. Cinderella usually did the hardest works in the house; such as scrubbing the floor, cleaning the pot and pan and preparing the food for the family, and so on.

One day, a ball was to be held by the royal family of the kingdom to find the Prince’s spouse. Cinderella wanted to go to the ball but her step mother asked her to stay at home and do the house works. Cinderella cried. Then there was a fairy godmother standing beside her.

“Why are you crying, Cinderella?”, the fairy godmother asked.

“Because I want to go to the ball but my step mother insists me to stay at home. Besides, I don’t have any beautiful dress” said Cinderella.

Then the fairy turned Cinderella’s ugly dress became the most beautiful dress and with beautiful slippers. The fairy also turned a pumpkin into a parking coach and the mice become six white horses. Cinderella fiinally could go to the ball but she had to come back before midnight before the spell ended.

At the ball, Cinderella amazed everybody there include the Prince. The Prince asked her to dance. Cinderella had a wonderful time at the ball. But, all of a sudden, she heard the sound of a clock, the first stroke of midnight. Remembered what the fairy had said, Cinderella ran back to go home. But she lost one of her slippers in ballroom. The Prince picked up her slipper and would search for the girl whose foot fitted with the slipper.

A few days later, the Prince proclaimed that he would marry the girl whose feet fitted the slipper. Her step sisters tried on the slipper but it was too small for them, no matter how hard they squeezed their toes into it. In the end, the King’s solder let Cinderella try on the slipper. She stuck out her foot and the page slipped the slipper on. It fitted perfectly.

Finally, she was driven to the palace. The Prince was overjoyed to see her again. They were married and live happily ever after.

Melalui contoh tersebut, anda juga dapat mengetahui mengenai ciri-ciri dan juga struktur dari narrative text. Anda bisa memahaminya dengan baik dan benar karena di dalam teks tersebut dibuat sesuai dengan struktur narrative text.

Demikian beberapa informasi yang dapat kami sampaikan mengenai materi pembelajaran kelas 9 tentang narrative text. Semoga rangkuman narrative text bermanfaat untuk anda, terima kasih.





Posting Komentar untuk "Materi Bahasa Inggris SMP/MTs Kurikulum 2013 Kelas 9 Narrative Text "