Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review Materi Short Functional Texts Bahasa Inggris SMP/MTs Kurikulum 2013

KANTINPENDIDIKAN.COM - Selain materi tentang genres atau esai, materi reading juga mencakup short functional texts (teks fungsional pendek).
 
A short functional text is teks pendek yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Mention an example of short functional text! Ya, benar! Contoh teks fungsional pendek adalah personal letter, announcement, invitation, advertisement, caution/notice/warning, greeting card, label, memo, short message dan lain sebagainya.

Letter

Contohnya adalah personal letter atau surat pribadi tentang pengalaman studi, surat yang berisi detail atas suatu barang yang diproduksi oleh suatu perusahaan, complaint terhadap suatu layanan tertentu atau surat yang berisi perintah dari seorang atasan kepada bawahannya yang biasa disebut dengan memo dan lain sebagainya.



Announcement

Berasal dari kata kerja to announce yang berarti mengumumkan. Akhiran –ment mengubah kelas kata kerja (verb) menjadi kelas kata benda (noun) yang memiliki arti pengumuman. 


Pengumuman biasanya dalam bentuk lisan (spoken) dan tertulis (written). Sebagai contoh, pengumuman tentang suatu acara rapat (pelaksanaan/penundaan rapat), pengumuman kenaikan jabatan, pengumuman pembatalan konser seorang artis atau grup band, pengumuman tentang kenaikan tarif listrik ataupun pengumuman tentang pemadaman listrik, perpindahan alamat kantor ataupun hal-hal lain yang berkaitan dengan layanan publik.



Invitation

Kata ‘invitation’ yang berarti undangan memiliki kata kerja bentuk dasar ‘to invite’ yang artinya mengundang. Dalam konteks percakapan, invitation bisa diartikan ‘ajakan’ misalnya ungkapan ‘would you like to come….?’ 


Sedangkan yang sedang kita bahas disini adalah invitation yang berarti undangan seperti untuk menghadiri anniversary, birthday,meeting,seminar,thanksgiving,graduation.



Advertisement

Advertisement / iklan (noun) memiliki bentuk kata dasar ‘to advertise’ mengiklankan (verb) sesuatu hal. Pada iklan yang bersifat komersial (mencari keuntungan) jelaslah memiliki tujuan agar pembaca/pemirsa mengkonsumsi/menggunakan suatu produk yang dapat berupa barang atau jasa. 


Lain halnya jika iklan tersebut bersifat non-komersial (contohnya adalah iklan layanan masyarakat), yang biasanya bertujuan agar pembaca/pemirsa melakukan atau tidak melakukan sesuatu hal tertentu.


Contoh Soal Short Functional Texts

Pertanyaan yang berkaitan dengan keempat jenis teks tersebut biasanya berkaitan dengan isi teks, hal yang akan/mungkin dilakukan selanjutnya dan sinonim/antonim.



Menanyakan isi teks


Contoh :

The text tells us about? (Teks diatas berkisar tentang….

What is the letter about? (Berkisar tentang apakah surat diatas?

What does the text tell you about? (Tentang apakah isi teks diatas?Hal yang harus/mungkin dilakukan selanjutnya


Contoh :

What should visitors do if they want to go beyond the visiting time? (Apa yang harus pengunjung lakukan jika mereka ingin berkunjung diluar jadwal kunjungan?)

 What will be done after receiving the price list? (Apa yang akan dilakukan setelah menerima daftar harga?)

What will the Human Resources Department probably do after reading the letter? (Apa yang mungkin akan dilakukan oleh HRD setelah membaca surat?)


Sinonim/antonim

Contoh:

“..., the visitors are expected to…” (Line 2). The underlined word is closest in meaning to… (…, para pengunjung diharapkan untuk…” (baris kedua). Kata yang bergaris bawah memiliki makna yang sama dengan….

“We look forward to your prompt response.” (The last sentence)

The underlined word is closest in meaning to…

Remove the ten poles from tent bag and unfold them to assemble.” (Step 2). The synonym of the underlined word is….

“You can reach me at…” (3rd paragraph). The underlined word has similar meaning to…. (“Anda dapat menghubungi saya di…”. Kata yang digaris bawahi memiliki makna yang sama dengan…)

“The participants are not allowed to…” The opposite meaning of the underlined word is…. (Makna yang berlawanan dengan kata yang bergaris bawah adalah…)

Catatan:

Opposite meaning = antonym

Demikian review mengenai materi short functional texts bagian yang pertama.


Posting Komentar untuk "Review Materi Short Functional Texts Bahasa Inggris SMP/MTs Kurikulum 2013"