Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Expressing and Responding to Invitation

Sumber : freepik.com/GarryKillian

Mengajak (inviting) dan menanggapi (responding) ajakan pastinya sudah tidak asing lagi didengar dalam kehidupan sehari-hari. 

Keduanya memiliki makna yang berbeda namun ada kaitannya antara satu sama lain. 

Berikut ini  ungkapan yang dapat digunakan untuk mengundang/mengajak dan bagaimana menerima atau menolak ajakan dalam Bahasa Inggris. Selamat membaca ya..


Invitation?

Invitation berasal dari kata dasar "to invite" artinya adalah mengundang/mengajak). Invitation atau ajakan/undanga merupakan suatu ungkapan yang digunakan untuk meminta orang lain agar mau mengikuti apa yang anda inginkan. 

Ajakan sama halnya dengan sebuah perintah kepada orang lain dalam melakukan suatu tindakan. Ajakan seringkali diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Setiap orang memiliki cara yang berbeda dalam mengajak seseorang untuk melakukan suatu hal. Jika Anda memperhatikannya, ada seseorang yang mengajak secara langsung dan ada yang tidak langsung.

Ajakan secara langsung berarti siapa yang mengajak akan bertatap muka dengan orang yang menjadi tujuannya. 

Sementara ajakan secara tidak langsung bisa dilakukan melalui berbagai media seperti smartphone yang tidak memungkinkan Anda untuk bertatap muka secara langsung dengan siapa yang akan diajak.


Bagaimana Merespon Ajakan?

Merespon ajakan merupakan suatu reaksi yang dilakukan oleh pihak yang diajak. Ketika ada seseorang yang mengajak anda untuk melakukan suatu hal, maka ada dua pilihan yang harus anda lakukan, yakni iya dan tidak.

Jawaban iya berarti anda akan mengikuti ajakan yang diperintahkannya dan untuk jawaban tidak berarti anda akan menolak perintah dari orang yang mengajak.

Hal yang harus diperhatikan dalam merespon sebuah ajakan dengan cara seperti berikut:

 

1.     Apa Yang Akan Dilakukan?

Ketika anda akan diajak oleh seseorang, pastinya anda akan melihat terlebih dahulu apa yang akan dilakukan. Ajakan apa yang diberikan kepada anda disini harus dipikirkan terlebih dahulu. 

Akan lebih efektif jika anda mengabaikan ajakan yang berbau negatif. Hal ini akan merugikan diri anda sendiri dalam melakukan tindakan yang kurang efektif.


2.    Berikan Sikap Terbaik

Ketika ada seseorang yang ingin mengajak anda dalam melakukan suatu hal, alangkah baiknya anda tetap bersikap baik. 

Hal ini dikarenakan anda belum tahu ajakan apa yang diminta orang tersebut. Dengan bersikap baik siapa tahu akan memberikan dampak positif untuk diri anda sendiri.

Jangan sampai anda langsung mengambil tindakan untuk menolak dan mengusir ajakan dari seseorang. Akan sangat rugi bilamana sebuah ajakan yang diberikannya mengandung hal positif. Padahal itu semua akan sangat bermanfaat untuk diri anda sendiri.


Menolak Ajakan

Apakah anda termasuk salah satu orang yang dapat menolak sebuah ajakan? Dalam menolak ajakan bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti berikut!


1.    Berterus Terang

Jika anda sudah memastikan ajakan yang diberikannya kurang efektif, maka dengan berterus terang menjadi pilihan yang paling tepat untuk anda lakukan. 

Ungkapkan saja tolakan kepada pihak yang mengajak anda dalam menjalankan suatu hal. Dengan begitu, orang yang mengajak tidak akan memberikan harapan lagi kepada anda.


2.    Berikan Apresiasi

Jika anda termasuk sebagai salah satu orang yang tidak enak hari. Menolak ajakan dengan cara yang satu ini sangat efektif untuk dilakukan. Anda bisa memberikan perhatian dan ungkapan terima kasih terhadap orang yang mengajak anda secara halus.


3.    Berikan Empati

Seseorang yang mengajak anda sebetulnya tidak perlu diberikan alasan yang beragam bilamana anda tidak ingin bergabung dengan ajakannya. Disini anda cukup menunjukan empati saja terhadap orang yang mengajak anda.

Berikut ini merupakan beberapa contoh percakapan expressing and responding to invitation :

With a partner,please practice the examples of dialogues below.

Invitation to lunch

Moco    : Would you like to come over for lunch today?

Sembi   : Thanks. I'd love to. What time?

Moco    :  About 1 p.m.

Sembi   : By the way, where should I meet you?

Moco     : At Rocket Chicken.

Sembi    : OK, see you then.


Invitation the grand opening of  a company

Andika     : Mr. Beno, I would like to invite you to the opening of my shipping company.

Mr.  Beno : When?

Andika     : This Wednesday at 8 a.m.

Mr. Beno  : The venue?

Andika    : At the Imperium Hotel.

Mr. Beno : I'm afraid I won't be able to come. I have arranged a meeting with a client.


Invitation to anniversary dinner anniversary

Yolanda : Mr. John, we're celebrating our silver anniversary. We would like you to join us.

Mr. John : ....

Yolanda  : ....

Mr. John : ....