Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Biography

Sumber : freepik.com

What is a biography?

Biography merupakan suatu teks dalam Bahasa Inggris yang menjelaskan tentang kisah atau keterangan dari kehidupan seseorang. 

Biasanya kisah yang dijelaskan merupakan tokoh-tokoh terkenal seperti R.A Kartini, Ir Soekarno, Jenderal Soedirman, dan lain sebagainya.

Semua hal tentang kisah seseorang dijelaskan secara detail dan kompleks. Selain itu, biography juga menceritakan perasaan yang dialami oleh seseorang. 

Biasanya biography menjelaskan secara rinci mulai dari kelahiran hingga meninggal dunia. Dan yang perlu anda ketahui, biography disusun oleh orang lain bukan diri sendiri.


Social Function

Terdapat beberapa fungsi biography text yang dapat anda ketahui yaitu sebagai berikut:

1.    Untuk mengetahui kisah kehidupan seseorang. Orang yang diceritakannya mungkin saja dikenal atau juga tidak.

2.    Memberikan banyak informasi seputar tokoh yang diceritakan agar mendidik seseorang yang membacanya sebagai contohnya biografi Ki Hajar Dewantara, B.J Habibi dan lain sebagainya.


Characteristics of a Biography

Biography text juga memiliki karakteristik di dalamnya, karakteristik ini yang menjadikan biography text berbeda dengan jenis teks lainnya. Beberapa karakteristik biography text adalah sebagai berikut!

1.    Biography ditulis oleh orang lain

      Biography tidak ditulis oleh diri sendiri, dimana seseorang yang ingin membuat biography berarti harus membuat kisah dari orang lain. Untuk membuatnya, anda bisa menggunakan sudut pandang orang ketiga.

2.    Dibuat berdasarkan fakta

      Teks biography harus ditulis berdasarkan fakta, seperti halnya nama, tempat tanggal lahir, meninggal duni, dan berbagai macam fakta lainnya. Pastikan anda mendapatkan sumber yang jelas untuk mencari fakta dari tokoh yang akan dijelaskan.

3.    Diceritakan secara detail

      Dalam membuat teks biography juga harus diceritakan secara detail mengenai kisah tokoh tersebut.

4.    Menggunakan bahasa yang mudah dipahami

      Karakteristik yang terakhir adalah menggunakan Bahasa yang mudah dipahami. Teks biography memberikan informasi yang sangat penting, untuk itu harus dibuat dengan Bahasa yang mudah dipahami agar orang lain bisa membacanya.


Structures of a Biography

Bagi anda yang ingin membuat biography text, anda harus memahami beberapa struktur yang ada di dalamnya. 

Sehingga teks biography yang dibuat dapat dihasilkan dengan baik. Berikut ini adalah beberapa struktur teks biography yang harus anda ketahui!

1.    Orientation

      Orientation dalam teks biography ini menjelaskan tentang identitas dari tokoh yang dijelaskan. Seperti halnya nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, dan lain sebagainya. 

      Selain itu, beberapa informasi umum juga dapat disajikan sebagai pengenalan tokoh yang diceritakan.

2.    Events

      Events merupakan kejadian atau peristiwa yang dialami oleh tokoh yang diceritakan. Peristiwa yang terjadi bisa berbagai hal seperti pemecahan masalah, proses berakhir, dan lain sebagainya.

      Peristiwa tersebut adalah kejadian yang sudah dialami oleh para tokoh yang diceritakan. Tahap ini menjadi bagian paling penting dari suatu teks biography.

3.    Reorentation

      Bagian yang terakhir adalah reorientation. Pada bagian ini menjelaskan tentang pandangan penulis terhadap tokoh yang diceritakan. 

      Sebetulnya pada bagian ini tidak begitu penting, penulis juga diperbolehkan untuk tidak memberikan pandangan pribadinya terhadap tokoh yang diceritakan. Reorientasi ini bersifat pilihan yang harus ditentukan oleh penulis itu sendiri.

Itulah sekilas tentang biography text, semoga informasi tersebut bermanfaat untuk anda, terima kasih. Jadi apa perbedaannya dengan autobiography?