Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Recount Text

Sumber : freepik.com


Pada kelas dan semester berapa kalian mendapatkan materi recount text saat SMP? Apakah kalian masih ingat dengan materi yang satu ini? Nah, di kelas 10 kalian juga akan mempelajari kembali tentang jenis teks yang satu ini. 


Walaupun begitu, tentunya levelnya lebih tinggi dibandingkan dengan yang kalian pelajari dulu. Materi ini berkaitan dengan materi past events kan?


Nah sekarang kita ulas kembali apa itu recount text, ciri-ciri, fungsi dan strukturnya.


Ada beberapa jenis recount text seperti personal recount, historical recount dan biographical recount text. Personal recount merupakan suatu teks yang menceritakan tentang suatu tindakan atau kegiatan yang dilakukan oleh seseorang pada masa lampau. 


Sedangkan historical recount berkaitan dengan cerita sejarah dan biographical recount berkisar tentang autobiografi atau biografi seorang yang terkenal.


Struktur Recount Text

Adapun struktur recount text adalah:


1.    Orientation

Orientation merupakan salah satu struktur reount text yang harus anda pahami, dimana penulis akan diminta untuk memberikan sebuah pengenalan terhadap informasi tentang siapa, dimana, kapan dan peristiwa itu terjadi.

 

Informasi tersebut disampaikan secara jelas supaya pembaca tahu mengenai isi keseluruhan dari teks yang dibuat. Dengan begitu, pembaca akan paham mengenai intisari dari teks yang dibaca.

 

2.    Events

Struktur recount text yang selanjtunya adalah events. Pada tahap yang satu ini, penulis akan diminta untuk menyampaikan pendapat mengenai peristiwa yang sudah terjadi. Disini penulis harus menceritakan kronologi dari teks yang akan diceritakan.

 

3.    Reorientation

Reorientation merupakan tahap akhir dari recount text dimana tahap ini menjelaskan tentang rangkuman dari seluruh cerita yang telah dibuat. Disini terdapat tahap pengulangan yang terjadi pada tahap sebelumnya. Rangkuman diambil dari paragraph awal hingga akhir cerita. Melalui tahap akhir ini, pembaca akan lebih mudah mengetahui intisari dari teks yang dibuat.


Ciri-Ciri Recount Text


1.    Menggunakan Kalimat Past Tense

Contoh penggunaan kalimat past tense pada recount text seperti “I stayed at home during the pandemic.

 

2.    Menggunakan Action Verbs

Penggunaan action verbs disini untuk mengungkapkan waktu tempat dan cara dari suatu teks yang dijelaskan. Waktu dan tempat harus ditulis dengan jelas pada teks yang dibuat.

Contoh : stayed, planted, made, took, last month, in Bandung, in Surabaya, last month, dan lain-lain.

 

3.    Menggunakan Kata Penghubung (Conjunctions)

Kata penghubung digunakan  untuk mengurutkan suatu peristiwa atau kejadian.

Contoh: first, then, after that, dan lain sebagainya.

 

Itulah informasi mengenai recount text, semoga informasi tersebut bermanfaat, terima kasih.

Nah sekarang coba kalian cari masing-masing contoh dari:

1. Personal recount text

2.    2. Biographical recount text

3.    3. Historical recount text