Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rangkuman Materi Bahasa Inggris News Items

Sumber : freepik.com


Apa yang anda ketahui tentang news item? Pada materi pembelajaran Bahasa Inggris SMK, anda akan berjumpa dengan materi yang satu ini, yakni news items.

 

Pengertian News items

News items merupakan jenis teks dalam Bahasa Inggris yang memberikan informasi tentang suatu kejadian atau peristiwa harian. Anda bisa melihatnya dalam kehidupan sehari-hari seperti berita yang ada di koran, televise, smartphone dan lain sebagainya.


Informasi yang disampaikan biasanya berita penting yang baru saja terjadi. 


Tujuan dari news item adalah untuk memberitakan kepada pembaca, pendengar, ataupun penonton mengenai peristiwa yang layak diberitakan.

 

Struktur News Items

Terdapat beberapa struktru dalam news items yang harus anda kuasai yaitu sebagai berikut!


1.    Main Event

Main event atau newsworthy merupakan bagian yang menceritakan tentang peristiwa atau kejadian yang ditulis dalam bentuk ringkasan. Struktur yang satu ini ditulis secara singkat, padat dan jelas. Informasi yang didapatkan juga berdasarkan sumber yang akurat.

 

2.    Background Event

Background event merupakan bagian news items yang menceritakan latar belakang terjadinya suatu peristiwa. Disini akan ada siapa yang terlibat di lokasi kejadian yang diberitakan.

 

3.    Source

Source merupakan bagian news items yang menceritakan tentang berbagai macam komentar, saksi, dan pendapat para ahli dan sebagainya. Disini akan terbukti secara jelas mengenai kejadian atau peristiwa yang dialami pada berita yang disampaikan.

 

Ciri-Ciri News Items

1.    Informasi Singkat

Karakterisitik yang pertama adalah informasi dari news item dijelaskan secara singkat, padat dan jelas. Informasi yang dijelaskan juga tidak bertele-tele langsung disajikan berdasarkan fakta sudah dirangkup.

 

2.    Fokus Pada Suatu Kejadian

News item fokus pada suatu kejadian atau peristiwa yang sedang terjadi. Beberapa diantaranya seperti kecelakaan, korban meninggal, kebakaran, dan kejadian laninnya yang baru saja terjadi. Nantinya peristiwa tersebut akan diberitakan secara langsung untuk diketahui banyak orang.

 

3.    Menggunakan Saying Verbs

Penggunaan saying verbs dalam news item ini sangat dominan seperti diberitakan, dikutik, memberitakan, mengatakan dan lain sebagainya.

 

4.    Menggunakan Action Verbs

Untuk penggunaan action verbs pada news items menggunakan kata kerja yang menunjukan suatu aktivitas yang dilakukan.

 

5.    Menggunakan Kata Kerja Bantu

Kata kerja bantu dalam news item disini menunjukan suatu tempat ataupun waktu dalam suatu persitiwa.

 

Contoh News Items Text


"Seven Killed in Accident on Jalan Sultan"


-       Newsworthy Event

Seven people were killed in a collision between a bus, a car and a truck at 10.35 p.m on Jalan Sultan last night.

 

-       Background Event

The dead where all passengers in the car. Policie belive the car may habe been trying to overtake the bus when it was struck by a truck coming from the opposite direction. The driver of the car many not have been using his lights, as the truck driver said he did not see the car approaching.

 

-       Sources

The police said the car should not have been trying to pass the bus, since overtaiking is not allowed on Jalan Sultan. In addition, the police reported that the car a small Japanese car should not have been carrying more than people. The names of the victims are not yet known.