Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Procedural Text

Sumber : freepik.com


Procedural text merupakan pelajaran salah satu materi yang akan dipelajari. Sebenarnya jenis teks ini sudah dipelajari pad saat duduk dijenjang sekolah menengah pertama. Perbedaannya adalah pada contoh dan levelnya.


Tentu kalian masih ingattentang materi ini bukan?.  Nah jika sudah lupa marilah kita ulas lagi secara singkat mengenai pengertian, struktur, unsur kebahasaan, dan contoh sederhana jenis teks ini.

 

Pengertian/Definisi

Prcedure Text adalah suatu teks dalam bahasa Inggris tentang cara melakukan atau membuat sesuatu. 


Hal ini seringkali diterapkan pada prosedur membuat makanan, minuman dan hal-hal lain yang berhubungan dengan teknik atau elektronik contohnya buku panduan atau manual yang kalian dapati saat unboxing smartphone terbaru dan lain sebagainya.


Teks ini bertujuan memberikan petunjuk tentang cara melakukan atau membuat sesuatu kepada orang lain melalui video tutorial. 


Struktur Procedure Text

Paling tidak terdapat 4 (empat) yang harus anda ketahui dalam membuat teks prosedur seperti berikut!

 

1.    1. Aim/Goal/Intention

Goals merupakan judul/tujuan dari hal yang akan dibuat atau dilakukan nantinya.

 

2.   2.  Materials and equipments

Materials merupakan bahan dan equipments adalah alat yang akan digunakan untuk membuat atau melakukan sesuatu yang dimaksud. Materials bersifat opsional atau tidak selalu ada. Hal ini bergantung pada aim/goal/intention teksnya. Contoh;kalau judulnya adalah cara ‘push up’ tentunya tidak dibutuhkan bahan bukan?

 

3.   3. Steps

Steps (langkah-langkah) merupakan serangkaian cara yang harus dilakukan. Anda akan dapat menjalankan suatu hal melalui steps yang sudah disediakan. Biasanya steps dibuat dalam bentuk angka setiap langkahnya.

 

4.    4. Conclusion

Conclusion merupakan hasil akhir dari apa yang dikerjakan. Seperti halnya anda akan membuat roti bakar, membuat chocolate drink, dan lain sebagainya. Maka di bagian akhir suatu hal yang akan dibuat harus sudah selesai.


Unsur Kebahasaan

Beberapa unsur kebahasaan yang ada pada teks prosedur yaitu sebagai berikut:


1.   1.  Imperative sentence

Imperative merupakan kalimat perintah. Sebuah kalimat perintah atau imperative biasanya menggunakan kata kerja bentuk dasar (verb base). Contoh: cut the vegetables, pour the water, dan lain sebagainya. Kalimat yang meminta seseorang untuk melakukan suatu hal melalui tutorial dalam bentuk teks atau yang lain.

 

2.    2.  Simple Present Tense

Simple Present Tense yang menunjukkan aktivitas pada saat sekarang. Untuk penggunaan kata kerja yang satu ini biasanya seperti place, pour, serve dan lain sebagainya.

 

3.   3.  Action Verbs

Action Verbs merupakan kata kerja yang menunjukkan aktivitas, kegiatan atau tindakan digunakan dalam membuat teks prosedur. Seperti halnya mix, put, turn dan lain-lain.

 

4.    4. Connectors

Connector merupakan kata penghubung yang digunakan untuk menghubungkan langkah demi langkah dalam sebuah teks prosedur. Contoh kata penghubung yang biasa digunakan adalah first, second, then, while, next, after that, dan lain sebagainya.

 

5.    5. Numbering

Selain connetors, numbering atau penomoran merupakan suatu angka yang digunakan dalam teks prosedur. Angka tersebut digunakan untuk mengurutkan suatu kegiatan.

 

Disamping itu, biasanya juga digunakan adverb of manner (contoh gently), quantity ( a tea spoon (tsp) of sugar, quality (almost solid) dan lain sebagainya.

 

Contoh Text Procedure

Berikut adalah contoh dari penggunaan teks prosedur!

How to Make Sandwich (goal/aim/intention/tujuan)

Materials: (bahan)

1.    Two slices of bread

2.    Cheddar cheese

3.    Tomatoes

4.    Tomato sauce

5.    Salad

6.    Lettuce leaves

7.    Mayonnaise

Equipments: (alat)

1.    ….

2.    ….

3.    ….

 

Steps: (langkah-langkah)

1.    Firstly, place a slice of bread on the plate.

2.    Secondly, put the tomato sauce.

3.    Add salad, slice tomatoes, cheddar cheese, mayonnaise, tomato sauce on it.

4.    Next, add lettuce leave.

5.    After that, put a slice of bread on the top to cover them.

6.    Finally, server it.

 

Demikian penjelasan singkat mengenai materi teks prosedur. Semoga bermanfaat.