Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memo, Menu, Schedule, dan Signs

Sumber : freepik.com/notes concept illustration


Memo

Memo merupakan suatu pesan yang singkat, padat dan jelas mengenai apa yang disampaikan. Terdapat dua macam jenis memo yaitu memo resmi dan tidak resmi. 


Memo resmi merupakan jenis memo yang digunakan untuk alat komunikasi yang dilakukan oleh pimpinan kepada bawahannya. Sementara memo tidak resmi merupakan jenis memo yang digunakan ada nota atau surat pernyataan orang yang memiliki hubungan akrab.


Dalam memo terdapat struktur seperti berikut!


-        Addressee

Addressee merupakan penerima pesan darimana pesan itu berasal.


-        Content

Content merupakan struktur memo yang di dalamnya berisikan isi pesan. Isi yang ada di dalamnya bisa berupa hal-hal penting yang ingin disampaikan oleh pengirim pesan kepada penerima.


-        Sender

Sender merupakan pengirim pesan. Disini orang yang menulis sebuah pesan yang nantinya akan dikirimkan ke penerima pesan.

Ketiga struktur ini memiliki fungsi yang sangat penting pada penggunaan memo baik itu secara resmi atau tidak resmi.

 


Menu

Menu merupakan suatu daftar yang dibuat dalam tulisan, pada umumnya menu yang dimaksud adalah minuman dan juga makanan. 


Menu seringkali dijumpai dalam kehidupan sehari-hari disaat anda pergi ke sebuah tempat. Biasanya anda akan diberikan daftar menu yang ada pada suatu tempat makan atau minuman.


Menu memilik fungsi yang sangat penting, yakni sebagai alat komunikasi antara pihak tamu dengan pihak perusahaan yang menyediakan menu tersebut. Selain itu, menu juga berfungsi sebagai media promosi mengenai daftar makanan ataupun minuman yang ada.


Anda bisa melihat harganya secara langsung. Berbagai jenis menu dari setiap perusahaan berbeda-beda, banyak dari perusahaan yang menunya menggunakan Bahasa Inggris.



Schedule

Schdule disebut juga dengan jadwal. Ada banyak sekali jenis jadwal seperti jadwal pelajaran, jadwal program tv, jadwal pertandingan dan masih banyak jenis jadwal yang lainnya. 


Tujuan dari dibuatnya jadwal adalah agar pelaksanaan dapat dijalankan dengan baik. Selain itu, orang juga akan lebih efektif dalam mengatur aktivitas yang akan dilaksanakan.


Seperti halnya jadwal pemberangkatan kereta seperti berikut!


 Train Semarang Surabaya
 Arya Triwangsa          07.30 a.m    3 p.m           
 Fajar Express 09.30 a.m 4 p.m
 Sinar Jaya 06.30 a.m 5 p.m
 Eastern Sun 09.00 a.m 6 p.m
 Cebong Jaya 07.00 a.m 7 p.m



Signs

Signs sama halnya dengan tanda. Dalam materi Bahasa Inggris, signs seringkali diterapkan pada sebuah gambar. 


Biasanya siswa akan diminta untuk menebak tanda pada gambar, seperti halnya simbol pada rambu-rambu lalu lintas yang sering digunakan.


Ada banyak sekali tanda pada rambu-rambu lalu lintas yang di dalamnya memiliki makna. Sala satu contohnya seperti tanda huruf ‘P’ yang digaris miring bewarna merah. 


Tanda tersebut menandakan seseorang dilarang untuk parkir. Begitu juga dengan tanda lainnya yang memiliki fungsi yang sama.


Itulah berbagai penjelasan mengenai memo, menu, schedule dan signs yang dapat kami sampaikan. Anda bisa mempelajarinya lebih dalam supaya materi tersebut bisa masuk ke pikiran anda. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk anda, terima kasih.