Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian, Struktur, Fungsi Sosial dan Ciri Kebahasaan Descriptive Text


Sumber : freepik.com

KANTINPENDIDIKAN.COM - Berikut ini rangkuman singkat materi bahasa Inggris Kelas X Semester 1 : Descriptive Text. Descriptive text merupakan salah satu jenis teks dalam Bahasa Inggris. 

Teks tersebut menggambarkan suatu objek, baik itu manusia, hewan ataupun tumbuhan. Penggambaran ini dengan melihat sifat yang melekat pada objek tersebut.

Contoh ketika kita ingin menggambarkan sebuah bangunan 'building' yang memiliki nilai sejarah maka dapat digunakan kata 'historical' yang dalam Bahasa Indonesia berarti 'bersejarah'.

 Sehingga jika digabungkan menjadi 'historical building'. Jadi sifat yang melekat pada 'building' adalah 'historical'.

Yang termasuk dalam adjectives atau kata sifat dalam Bahasa Inggris misalnya dapat berupa warna (colour), ukuran (size), rasa (taste) dan lain sebagainya.

Teks deskripsi memberikan suatu informasi mengenai objek yang berkaitan dengan panca indera. Penggambaran tersebut bertujuan agar pembaca akan lebih paham mengenai informasi yang ada pada teks.

Teks deskripsi menjelaskan menganai ciri-ciri, sifat, dan berbagai hal yang ada di dalam suatu objek. 


Fungsi Descriptive Text

Seperti yang sudah dijelaskan pada sebelumnya, descriptive text memiliki fungsi untuk menjelaskan atau mendeskripsikan suatu objek, baik itu manusia, hewan ataupun tumbuhan. 

Berbagai objek akan dijelaskan secara detail mengenai sifat-sifat dari bentu objek yang dideskripsikan. Sehingga pembaca akan paham dengan objek yang dijelaskan dalam suatu teks.

 

Struktur Descriptive Text

Terdapat dua macam struktur teks descriptive yang harus anda pahami, yakni identification dan description sebagai berikut:

1.   Identification

Identification merupakan suatu pengenalan tentang hal yang akan dideskripsikan. Struktur yang satu ini terletak di paragraf pertama dalam suatu teks.

Identification menjelaskan suatu objek yang akan diberitahukan kepada pembaca. Dengan begitu, pembaca akan memahami dengan isi dari suatu teks pada paragraf selanjutnya.

2.  Description

Struktur yang selanjutnya adalah description. Bagian ini terletak pada paragraf kedua dan selanjutnya. 

Pada bagian ini dijelaskan mengenai sifat-sifat suatu objek secara detail baik secara fisik  atau non-fisik. 

Pemahaman mengenai struktur descriptive text akan mempermudah dalam penullisan sebuah teks deskripsi.


Ciri Kebahasaan Descriptive Text

Dalam sebuah descriptive text terdapat suatu ciri kebahasaan yaitu:

1.  Noun

Noun merupakan kata benda yang lebih spesifik untuk dijelaskan seperti Taj Mahal, Tanjung Puting National Park dan lain sebagainya. 

Selain itu, dalam noun juga sering menggunakan kata benda yang mendapat pemberian sifat di dalamnya sebagai contoh spectacular view, dimana spectacular (adjective) yang berfungsi untuk menjelaskan view (noun)

2.  Simple Present Tense

Simple present tense merupakan suatu kata kerja dalam bentuk verbs (action verb or state verb).

Salah satu fungsi tense ini adalah untuk mengungkapkan hal-hal yang bersifat factual atau nyata pada saat sekarang. 

Apabila kita menggambarkan atau memberikan deskripsi mengenai suatu objek tentunya yang kita tulis sesuai dengan apa yang tertangkap oleh panca indera. 

Oleh karena itu, sebuah descriptive text menggunakan simple present tense

Dalam descriptive text biasanya juga digunakan kata ganti kepemilikan atau possesive pronouns seperti their, its dan lain sebagainya.

3.   Adjectives

Adjective merupakan suatu kata sifat yang digunakan untuk menjelaskan suatu objek. Beberapa contoh dari adjective amazing,  big, cool dan lain sebagainya.

4.  Figurative Language

Figurative language merupakan suatu kata sifat yang menggunakan bahasa figuratif. 

Beberapa contoh dari penggunaan kata sifat figurative language seperti simile atau metafora yang digunakan untuk memberkan ilustrasi perbandingan.

Figurative language sangat penting untuk diterapkan dalam unsur kebahasaan teks deskripsi.

Itulah penjelasan singkat mengenai descriptive text yang mencakup struktur, fungsi dan ciri kebahasaannya. 

 


Posting Komentar untuk "Pengertian, Struktur, Fungsi Sosial dan Ciri Kebahasaan Descriptive Text"