Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Objek Wisata Edukasi di Maluku


Tidak hanya Bali dan Yogyakarta saja yang memiliki banyak spot tempat-tempat wisata yang menarik. Maluku juga salah satu bagian dari negara Indonesia yang menyimpan banyak sekali tempat-tempat wisata yang menarik bahkan  juga masih jarang dikunjungi oleh para wisatawan.


Mengunjungi tempat-tempat wisata yang masih jarang dikunjungi oleh orang lain tentunya akan menjadi kebanggaan tersendiri. Pasalnya dengan begitu Anda memilikisenjata untuk menarik perhatian dari orang lain. 


Senjata yang dimaksud adalah foto-foto yang cantik dan instagramable. Sebagai generasi masa kini tentu sudah tidak asing dengan sosial media yang satu ini, pasalnya instagaram adalah salah satu sosial media yang paling banyak digunakan oleh masyarakat dunia.


Mengunjungi tempat-tempat wisata dan mengabadikan setiap momen yang terlewati dapat membuat hidup Anda menajdi lebih berwarna. Perjalanan wisata tidak harus melulu mengunjungi tempat-tempat indah yang digunakan untuk bersenang-senang dan memanjakan mata. 


Ada baiknya sesekali Anda mengunjungi tempat-tempat wisata yang dapat mengedukasi diri Anda agar semakin baying informasi serta wawasan ilmu pengetahuan yang Anda dapatkan dari perjalanan wisata yang telah Anda lakukan.


Nah ada banyak sekali wisata edukasi di Maluku, jadi jika Anda berkunjung ke sana sebaiknya Anda mengunjungi tempat-tempat tersebut. Adapun tempat wisata edukasi di Maluku ini adalah sebagai berikut:



1.    Taman Nasional Munsela


Apakah Anda menyukai wisata alam ? jika Anda sangat suka dnegan wisata alam, sempatkanlah diri Anda untuk berkunjung ke Taman Nasional Munsela yang terletak di Pulau Seram, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku.  


Taman Nasional Munsela ini menyuguhkan pesona alam yang sangat luarbiasa, selain dapat menikmati indahnya pesona alam tanah Maluku Anda juga bisa belajar banyak di Taman Nasional ini. ada banyak sekali keanekaragaman hayati di dalamnya, dengan begitu Anda bisa mengetahui berbagai mecam spesies makhluk hidup baik itu tumbuhan maupun hewan. 


Jika Anda mengunjungi tempat ini Anda tidak perlu khawatir jika ingin menjelajahi Taman Nasional ini sebab sudah ada pengelola Taman yang siap sedia menjadi penunjuk jalan untuk Anda. 


Selain dapat belajar tentang kenekaragaman hayati, di sana juga terdapat pantai yang sangat indah dihiasi dengan tebing-tebing tinggi yang sangat menakjubkan.



2.    Gunung Binaya


Setiap perjalanan wisata tentu selalu terselip wawasan lmu pengetahuan. Mengunjungi tempat wisata edukasi tidak harus selalu berkunjung ke museum ataupun tempat-tempat sejarah lainnya. paslanya dengan alam Anda juga bisa mendapatkan wawasan yang sangat banyak sekali. 


Terlebih lagi jika Anda adalahs eseornag yang menempuh pendidikan di jurusan Biologi, tentu Anda akan mengatakan bahwa alam adalah tempat belajar yang paling meneynangkan. Gunung binaya adalah salah satu gunung tertinggi di Provinsi Maluku, gunung ini memiliki ketinggian 3029 mdpl. 


Gunung binaya ini masih termasuk kedalam kawasan Taman Nasional Munsela, gunung ini memiliki penampakan yang sangat indah dengan 9 puncak yang dimilikinya. 


Jika Anda mendaki gunung ini, maka sepanjang Anda melakukan perjalan akan menemui berbagai macam spesies hewan maupun tumbuhan yang mungkin selama ini belum pernah Anda lihat.



3.    Pulau Pombo


Selain hutan dan gunung, di Maluku juga memiliki destinasi wisata pantai yang sangat menakjubkan. Mengunjungi tempat ini juga mengedukasi Anda tentang bagaimana cara menjaga agar alam selalu menyuguhkan pesonanya yang indah. 


Ketika Anda melakukan olahraga siving dan snorkling Anda akan disuguhkan dengan keindahan alam bawah laut yang sangat cantik dan mengagumkan. 


Lautnya yang bersih dan indahnya pemAndangan bawah laut akan menyadarkan Anda betapa pentingnya menjaga dan melestarikan keindahan alam.