Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Objek Wisata Edukasi di Maluku Utara

Sumber : tempatwisataunik.com


Melakukan perjalanan wisata memang sangat menyenangkan, apalagi jika dilakukan bersama keluarga ataupun teman-teman. 


Kota-kota mana saja yang sudah pernah anda kunjungi ? Apakah anda sudah pernah melakukan perjalanan wisata ke Maluku Utara ? 


Jika anda sering melakukan perjalanan wisata, sempatkanlah untuk singgah ke Maluku Utara. Maluku utara menyimpan beberapa spot wisata yang sangat mengagumkan. 


Selain wisata alamnya yang sangat indah, Maluku Utara juga menyuguhkan berbagai macam wisata edukasi.


Melakukan perjalanan wisata edukasi memberikan banyak manfaat bagi anda, terlebih lagi jika anda masih muda, tentu akan semakin banyak informasi dan wawasan ilmu pengetahuan yang bisa anda dapatkan.


Mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada di Indonesia memang tidak akan pernaha ada habisnya dan informasi sejarah bangsa Indonesia juga tersebar luas seluruh daerah. 


Ada beberapa tempat wisata edukasi di Maluku Utara yang bisa anda kunjungi, diantaranya yaitu:



1.    Museum Perang Dunia II di Morotai


Museum Morotai adalah salah satu tempat wisata yang menyimpan banyak cerita sejarah, terutama tentang sejarah maluku dengan tentara sekutu Jepang. 


Di museum ini ada banyak sekali peninggalan-peninggalan setelah terjadi peperangan. Selain menjadi salah stau tujuan wisata edukasi di Maluku khususnya di Pulau Morotai, keberadaan museum ini juga harus dijaga dengan baik, sebab jangan sampai peninggalan yang ada disana di rusak atau dirampas oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. 


Museum yang satu ini, seringkali dikunjungi oleh pensiunan tentara atau veteran dari dalam negri maupun dari luar negri. Mereka yang datang ke museum ini ingin melihat sekaligus belajar banyak hal tentang sejarah perang.



2.    Pulau Dodola


Pulau Dodola juga tidak kalah menarik dengan Pulau Morotai, pulau ini juga menyimapan  sejarah penting. Sebagai negara kepulauan tentu sudah tidak heran lagi bila pulau-pulau di Indonesia selalu menyimpan harta karun yang ternilai, baik itu dijadikan sebagi destinasi wisata hingga menyimpan berbagai macam informasi penting tentang sejarah bangsa Indonesia. 


Pulau Dodola ini sebenarnya masih menjadi bagian dari Pulau Morotai, pulau Dodola terletak dibibir Pasifik dan dijuluki dengan “Mutiara”. Pulau Dodola ini memiliki cerita sejarah yang sangat panjang, dimana pulau ini menjadi saksi perjalanan pasukan sekutu Jepang.


Pulau ini adalah jalur lintas tempur antara pasukan sekutu dan Jepang, oleh sebab itulah pulau ini mneyimpang banyak peninggalan bersejarah. 


Di pulau ini anda bisa melihat bangkaI bekas peninggalan perang di bawah laut, sebab pulau ini adalah salah satu tempat scuba diving di ndonesia yang sangat terkenal. Banyak turis atau wisatawan yang berkunjung ke tempat ini hanya untuk melihat bangaki pesawat yang tenggelam dilautan. 


Bangkai-bangkai pesawat di bawah laut itu ternyata menyuguhkan pesona yang sangat luar biasa dan saat ini telah dihuni oleh terumbu karang dan ikan-ikan kecil di lautan.



3.    Kedaton Kesultanan Ternate


Ternyata Maluku utara banyak memiliki situs wisata sejarah, inilah poin plus saat anda berkunjung ke Maluku utara. Sebab di sana anda bisa belajar banyak tentang sejarah dan tentunya wawasan anda akan semakin luas.  


Lokasi wisata sejarah di Maluku utara yang selanjutnya adalah sebuah gedung atau bangunan yang menjadi monumen kebanggan bagi masyarakat Ternate. Bangunan yang dimaksud adalah Kedaton Kesultanan Ternate. 


Bangunan ini didirikan pertama kali oleh tokoh penting bagi umat muslim pada tahun 1813 tokoh agama yang dimaksud adalah Sultan Muhammad Ali.