Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Selalu Rindu 4 Tradisi Lebaran yang Ada di Indonesia Ini

    Sumber : wisataterbaru.com


L
ebaran merupakan saat-saat yang membahagiakan terutama bagi umat muslim, karena dengan lebaran pastinya menjadi sebuah pertanda hari kemenangan setelah menahan nafsu selama satu bulan di bulan Ramadhan.

Banyak sekali tradisi-tradisi disaat lebaran yang patinya banyak orang yang melakukannya, terutama masyarakat Indonesia sendiri.

Apa saja sih tradisi-tradisi unik saat lebaran itu? Untuk mengetahuinya kamu bisa langsung melihatnya dibawah ini.


1. Takbiran

Hal pertama yang paling pertama dilakukan saat lebaran pastinya adanya takbiran. Takbiran merupakan salahsatu bentuk perayaan sebagai bentuk kesenangan terhadap adanya hari kemenangan atau lebaran ini.

Kebanyakan umat muslim bahkan bisa dibilang semuanya menyambut lebaran dengan pekikan takbir yang terdengar disetiap sudut tempat yang ada dibelahan dunia ini. Semua melakukannya baik anak-anak, remaja, bahkan yang sudah tua pun juga ikut memeriahkannya.

Tidak hanya takbir biasa saja, bahkan di beberapa tempat yang ada di Indonesia menggelar arak-arakan untuk melakukan takbiran dengan perlengkapan seperti obor, bedug, dan lain sebagainya dan biasanya memang banyak orang berkumpul ditempat tersebut.


2. Ketupat

Jika sudah terjadi lebaran pastilah semua orang akan memburu makanan yang satu ini, entah dengan membeli, diberi, atau bahkan membuat sendiri.

Hal itu dikarenakan akan terasa kurang lengkap kalau saat lebaran tidak menyantap masakan sederhana namun penuh dengan makna ini. Ketupat sendiri didalam bahasa Jawa disebut kupat yang kepanjangannya yaitu ngaku lepat yang berarti mengakui kesalahan.

Biasanya makanan ini dilengkapi dengan sajian opor ayam, sayur lodeh, rendang, petis yang terdapat telur dan udang, dan lain sebagainya dan biasanya memang disajikan saat berkumpul dengan keluarga besar.


3. Mudik

Pasti semua orang sudah mengetahui tradisi yang memang selalu terjadi setiap saat mendekati lebaran terlebih di Indonesia itu sendiri yang biasanya pulang ke kampung halaman untuk bertemu dengan keluarga besar yang ada di kampung.

Memang sangatlah menyenangkan karena dengan bertemu keluarga besar saat lebaran merupakan hal yang sangat dinanti-nanti bagi orang yang sedang merantau entah karena tuntutan pekerjaan, menuntut ilmu, ataupun sebagainya.

Di Indonesia sendiri, tradisi mudik ini memang kerap menjadi sebuah alasan mengapa jalanan kearah kampung halaman semakin macet parah namun di kota-kota besar malah sepi. Karena memang kebanyakan yang ada di kota mulai kembali ke desanya masing-masing.

Sehingga kamu tidak perlu bingung saat mendekati lebaran, banyak berita yang memberitahu bahwa di jalan tertentu sedang macet parah bahkan hingga berkilo-kilometer.


4. THR

Istilah THR ini dikalangan masyarakat Indonesia terutama disaat lebaran bukan menjadi urusan perusahaan saja, namun semua lapisan masyarakat menganggap bahwa THR merupakan pembagian uang kepada orang.

Oleh sebab itu, jika saat lebaran pastinya sudah tidak asing jika anak-anak meminta THR kepada orang yang lebih tua karena memang sudah menjadi tradisi tersendiri disaat lebaran pasti ada yang memberi THR.

Begitu pula dengan perusahaan dengan karyawannya, pastinya semua karyawan meminta THR kepada perusahaan untuk bekal dalam menghadapi lebaran ini. THR sendiri merupakan singkatan dari Tunjangan Hari Raya.

Tradisi itu merupakan hal yang memang sudah menjadi kegiatan rutin tahunan saat bulan Ramadhan. Namun pastinya dalam melakukan tradisi juga harus melihat kondisi dan waktu, karena ada beberapa waktu dimana ada tradisi yang harus ditunda terlebih dahulu.