Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Objek Wisata Edukasi di Aceh

Sumber : metropolis.co.id


Banda Aceh merupakan salah satu provinsi yang memiliki banyak tempat wisata unik dan menarik, salah satu destinasi wisata yang paling disoroti banyak orang di kota tersebut adalah wisata edukasi yang bagus untuk keluarga yang hendak berlibur di kota satu ini. 

Sekiranya beberapa tempat wisata edukasi paling populer di Aceh yang bisa menjadi target liburan Anda bersama keluarga di tahun ini. 

Meskipun terkenal dengan aturan yang disiplin, kota ini juga ramai dikunjungi oleh para turis mancanegara dan turis lokal demi menikmati keindahan dan mempelajari budaya Aceh yang unik dan menarik. 

Nah, biar Anda tidak penasaran, silahkan lihat dibawah ini beberapa daftar tempat wisata edukasi terbaik dan populer di Provinsi Aceh.


1. Pesawat RI Dakota 001 Seulawah

Kalau Anda ingin tahu pesawat pertama yang pernah di beli oleh Indonesia, maka Anda bisa melihatnya di Aceh. Ada salah satu replika pesawat yang pertama di beli oleh Indonesia dan menjadi cikal bakal berdirinya banyak perusahaan maskapai sekarang ini. 

Tidak mengherankan kalau replika pesawat Indonesia Airways ini menjadi pusat kunjungan banyak orang yang ingin mengetahui sejarah penting awal mula hadirnya pesawat di Indonesia. 

Lokasi wisata ini berada di jantung kota, dekat Lapangan Blang Padang. Selain itu, Anda akan menemukan fasilitas dekat lokasi wisata yang tidak kalah asyik untuk bersantai dan melakukan kegiatan lain, karena lokasinya yang dekat dengan pantai, jadi suasana disana pastinya sejuk dengan angin sepoi-sepoi. Harga tiket masuk bisa saja berubah untuk tiap tahunnya.


2. Wisata Edukasi Monumen Kapal PLTD ( Pembangkit Listrik Tenaga Diesel )

Salah satu tempa wisata edukasi yang bisa menjadi target libuan Anda berikutnya adalah wisata edukasi PLTD yang ada di Kampung Punge Blang Cut,  Banda Aceh. 

Tempat ini pernah terkena Tsunami Aceh di tahun 2004 lalu yang menyebabkan kapal PLTD ini terseret arus sepanjang 5 km dari pantau Ulee Lheue ke Pusat Kota. 

Berdasarkan informasi yang kami dapatkan, ada sekitar 11 awak kapal yang ada di dalam dan hanya ada satu orang saja yang selamat. 

Nah, kalau Anda ingin berkunjung ke sana, ajaklah anak-anak untuk mengetahui sejarah lengkap mengenai kapal PLTD ini. Harga tiket masuk bisa langsung di tanyakan ke petugas wisata.


3. Wisata Edukasi Museum Tsunami

Tempat wisata edukasi populer di Kota Banda Aceh ini selalu menjadi target kunjungan banyak wisatawan yang sedang liburan di Aceh.

Museum Tsunami banyak menyimpan saksi bisu dari insiden mengerikan di tahun 2004 silam, tidak mengherankan banyak wisatawan yang penasaran dengan museum ini. 

Bahkan, Ridwan Kamil sendiri menghabiskan total dana mencapai 140 milyar rupiah untuk membuat museum satu ini. Disana Anda bisa mempelajari dan mengetahui kejadian Tsunami yang pernah melanda Aceh.


4. Wisata Edukasi Mesjid Raya Baiturahman

Wisata edukasi ini sudah terkenal di seluruh Indonesia, Masjid ini merupakan peninggalan Kesultanan Aceh di masa Sultan IskAndar Muda Mahkota pada tahun 1612 M. 

Meskipun ramai pengunjung setiap harinya, lokasinya yang luas tetap membuat suasana wisata menjadi menarik dan menyenangkan, 

Anda juga bisa mengenalkan kepada anak-anak mengenai sejarah kesultanan aceh dahulu. Menarik bukan ? Oya, tidak ada harga tiket masuk ke wisata satu ini, cukup membayar parkir kendaraan saja.

Itulah beberapa tempat wisata edukasi favorit dan populer di Aceh. Terimakasih sudah berkunjung.