Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Word Order

Materi Susunan Kata (Word Order) dalam Bahasa Inggris

Susunan kata dalam bahasa Inggris berbeda dengan susunan kata dalam bahasa Indonesia, contoh sederhana adalah “buku bahasa Inggris” dalam Bahasa Inggris “English book” (walaupun tidak semua dibalik; “Ratu Elizabeth” tidak lantas “Elizabeth Queen”, tetapi “Queen Elizabeth”).

Sebelum membahas lebih lanjut tentang Word Order, mari kita bahas secara sekilas tentang jenis atau kelas kata dalam bahasa Inggris.


8 Jenis Kata Dalam Bahasa Inggris

Kata adalah satuan makna terkecil dalam suatu bahasa. Dalam bahasa Inggris, ada 8 jenis atau kelas kata yang disebut dengan Part of Speech.

Nah, pada bagian ini akan dibahas cara menyusun kata untuk membentuk frasa (gabungan kata/ kelompok kata yang berdiri bersama-sama)  atau kalimat (konstuksi bahasa yang memiliki satu subjek, satu predikat dan makna yang utuh).

Pembahasan singkat kita kali ini akan mecakup 3 hal yaitu frasa nomina,  susunan kata dalam kalimat,  letak kata keterangan dalam kalimat.


Frasa Nomina

Yaitu gabungan kata yang inti frasanya berupa kata benda.

Contoh:  

1. a company
2. a broadcasting company
3. a big broadcasting company

Pada contoh nomor satu, frasa terdiri dari dua kata (article/kata sandang “a” + noun/kata benda “company”)

Kemudian pada contoh nomor dua, frasa tediri dari tiga kata ( article/kata sandang “a” + adjective/kata sifat “large” + noun/kata benda “company”). 

Terdiri dari berapa katakah frasa nomina yang ada pada contoh nomor tiga?

Kata “company” disebut dengan “head / inti frasa”.  Sedangkan kata-kata didepan kata “company” disebut dengan “pre-modifier/penjelas”.

Kata sifat/ adjective yang berfungsi sebagai penjelas pada frasa nomina bentuknya bermacam seperti ukuran (size), umur (age), warna (colour), bentuk (shape), bahan (material),  asal (origin) dan lain sebagainya.

Bagaimana jika penjelas/pre-modifier terdiri lebih dari satu kata sifat/adjective?. Jika seperti itu maka posisinya harus disusun secara berurutan sesuai dengan kaidah tata bahasa inggris.

 Lihat kembali contoh frasa nomor tiga diatas; “a big broadcasting company”  bukan “a broadcasting big company”. Pada frasa nomina penjelas/modifier dapat terdiri lebih dari satu kata.