Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Kata dalam Bahasa Inggris

Materi Susunan Kata (Word Order) dalam Bahasa Inggris

KANTINPENDIDIKAN.COM - Susunan kata dalam bahasa Inggris berbeda dengan susunan kata dalam bahasa Indonesia, contoh sederhana adalah “buku bahasa Inggris” dalam Bahasa Inggris “English book” (walaupun tidak semua dibalik; “Ratu Elizabeth” tidak lantas “Elizabeth Queen”, tetapi “Queen Elizabeth”).

Sebelum membahas lebih lanjut tentang Word Order, mari kita bahas secara sekilas tentang jenis atau kelas kata dalam bahasa Inggris.


8 Jenis Kata Dalam Bahasa Inggris

Kata adalah satuan makna terkecil dalam suatu bahasa. 


Dalam bahasa Inggris, ada 8 jenis atau kelas kata yang disebut dengan Part of Speech.

Nah, pada bagian ini akan dibahas cara menyusun kata untuk membentuk frasa (gabungan kata/ kelompok kata yang berdiri bersama-sama)  atau kalimat (konstuksi bahasa yang memiliki satu subjek, satu predikat dan makna yang utuh).

Pembahasan singkat kita kali ini akan mecakup 3 hal yaitu frasa nomina,  susunan kata dalam kalimat,  letak kata keterangan dalam kalimat.


Frasa Nomina

Yaitu gabungan kata yang inti frasanya berupa kata benda.

Contoh:  

1. a company
2. a broadcasting company
3. a big broadcasting company

Pada contoh nomor satu, frasa terdiri dari dua kata (article/kata sandang “a” + noun/kata benda “company”)

Kemudian pada contoh nomor dua, frasa tediri dari tiga kata ( article/kata sandang “a” + adjective/kata sifat “large” + noun/kata benda “company”). 

Terdiri dari berapa katakah frasa nomina yang ada pada contoh nomor tiga?

Kata “company” disebut dengan “head / inti frasa”.  Sedangkan kata-kata didepan kata “company” disebut dengan “pre-modifier/penjelas”.

Kata sifat/ adjective yang berfungsi sebagai penjelas pada frasa nomina bentuknya bermacam seperti ukuran (size), umur (age), warna (colour), bentuk (shape), bahan (material),  asal (origin) dan lain sebagainya.

Bagaimana jika penjelas/pre-modifier terdiri lebih dari satu kata sifat/adjective?. Jika seperti itu maka posisinya harus disusun secara berurutan sesuai dengan kaidah tata bahasa inggris.

 Lihat kembali contoh frasa nomor tiga diatas; “a big broadcasting company”  bukan “a broadcasting big company”. Pada frasa nomina penjelas/modifier dapat terdiri lebih dari satu kata.