Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ada Rencana Daftar Beasiswa Teknik Informatika 2020 di Perguruan Tinggi Ini?

Sumber : pixabay.com

Beasiswa kuliah IT bisa didapatkan dengan mengikuti program yang disediakan kampus maupun pemerintah. Beasiswa merupakan cara untuk mendapatkan pendidikan maksimal dengan biaya minim atau bahkan gratis. 

Salah satu program beasiswa yang menyediakan biaya kuliah full selama 4 tahun adalah program Bidikmisi. Untuk mendapatkan beasiswa ini, calon mahasiswa harus melengkapi persyaratan yang diperlukan dan memenuhi kualifikasi. 

Berikut ini beberapa kampus dengan jurusan IT berikut ini bisa kalian coba jadikan rujukan untuk mencari program beasiswa yang dirangkum dari berbagai sumber.


1. Institut Teknologi Bandung (ITB)

ITB merupakan salah satu PTN favorit dan menduduki peringkat ke-2 perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Kampus ini memiliki produk Teknik Informatika yang masuk ke STEI (Sekolah Teknik Elektro dan Informatika). 

Di tahun pertama mahasiswa baru akan masuk ke STEI terlebih dahulu barulah di tahun kedua mahasiswa bisa masuk prodi Teknik Informatika setelah lulus seleksi. 

Untuk masuk ke prodi ini, calon mahasiswa bisa mengikuti SBMPTN dengan peluang diterima 4, 94 persen. Standar skor SBMPTN yang dibutuhkan diperkirakan cukup tinggi.


2. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Peminat jurusan Teknik Informatika UIN Sunan Kalijaga cukup tinggi. Hal ini dikarenakan biaya kuliah yang tidak terlalu tinggi dan banyak program beasiswa yang diberikan baik dari Kementerian Agama, pihak swasta maupun Kementerian Pendidikan sendiri.

Program studi Teknik Informatika masuk ke dalam Fakultas Sains dan Teknologi. Calon mahasiswa bisa mengikuti jalur SNMPTN, SBMPTN, ujian khusus maupun reguler. 

Selain mendapatkan pendidikan seputar ilmu IT, teman-teman juga akan mendapatkan tambahan ilmu pengetahuan agama yang sangat bermanfaat. 

Jika tidak mengikuti program beasiswa, kisaran biaya yang harus dibayar berada pada kisaran 2, 5 juta hingga 8,35 juta per semester.


3. Institut Teknologi Sepuluh November

Berdasarkan data SBMPTN tahun sebelumnya, peluang masuk prodi Teknik Informatika ITS diprediksikan sebesar 2,60 persen. 

Dari 2.079 jumlah pendaftar, hanya ada 54 kursi yang disediakan. Program studi ini masuk ke dalam Fakultas Teknologi dan Informasi. 

Jika tidak mengikuti program beasiswa, teman-teman tidak perlu khawatir karena biaya kuliah yang ditawarkan tidak terlalu tinggi. 

ITS juga membuka jalur penerimaan mandiri untuk Prodik Teknik Informatika dengan menggunakan skor SBMPTN.


4. UAJY (Universitas Atma Jaya Yogyakarta)

UAJY  memiliki jurusan Teknik Informatika terbaik di Yogyakarta dan menduduki peringkat bagus di Indonesia. 

Jurusan Teknik Informatika di UAJY dibagi dalam 3 peminatan yaitu Soft Computing, Mobile Computing dan Enterprise Information System.

Untuk masuk ke program studi ini teman-teman bisa mengikuti 4 jalur penerimaan yang dibuka yaitu jalur unggulan dengan melihat nilai rapot, rangking dan prestasi akademik, tes tertulis sebelum UN (Antara), tes tertulis setelah UN (Reguler) serta PSSB. 

PSSB merupakan program seleksi siswa berprestasi khusus untuk siswa khalotik. Sedangkan untuk siswa umum, UAJY memiliki program beasiswa sendiri.


5. Universitas Esa Unggul

Universitas Esa Unggul memiliki Program Studi TI yang masuk ke dalam Fakultas Ilmu Komputer. Fasilitas pendukung kuliah yang dimiliki kampus ini cukup lengkap. 

Kegiatan perkuliahan yang ditawarkan pada Program studi ini antara lain jaringan mobile, keamanan informasi, kecerdasan buatan, motivasi usaha, perusahaan virtual dan juga kerja praktik.


6. Telkom University

Universitas Telkom Bandung membuka Prodi Teknik Informatika dalam jenjang S1 dan S2 nya. Meskipun baru dibuka, Prodi TI memiliki cukup banyak peminat. 

Teman-teman bisa masuk prodi ini melalui jalur prestasi dengan menggunakan nilai rapot semester 1-4. Jalur tes tertulis baru digelar setelah penerimaan jalur prestasi selesai.
Jurusan Teknik Informatika memang memiliki cukup banyak peminat dengan berbagai alasan.

Lulusan Teknik Informatika memiliki prospek kerja yang sangat baik karena bisa masuk ke dalam bidang pekerjaan apapun. Selain menjadi pekerja, lulusan TI dapat menciptakan lapangan kerja sendiri dengan membuat start up

Salah satu keuntungan menjadi mahasiswa IT, teman-teman dapat memperbaiki kerusakan pada perangkat komputer sendiri tanpa perlu mengeluarkan biaya mahal untuk datang ke service center. 

Jika tertarik dengan jurusan ini, teman-teman bisa terus mencari informasi seputar Beasiswa kuliah IT yang mungkin banyak tersedia di berbagai perguruan tinggi lainnya, tentunya dengan menghubungi lebih lanjut perguruan tinggi yang dituju. Nah, salah satu syarat untuk mendapatkan beasiwa adalah harus lulus TOEFL.

Untuk informasi lebih lanjutnya tentunya bisa ditanyakan langsung pada bagian informasi tentang beaiswa pada masing-masing universitas tersebut mengenai jenis, syarat dan prosedurnya.