Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Objek Wisata Edukasi di Papua Barat

Sumber : travel.kompas.com


Tempat wisata memang kerap menjadi tujuan para wisatawan, terlebih lagi jika memiliki pesona yang sangat indah dan mengagumkan. Semua orang tentu ingin sekali melakukan perjalanan wisata, baik itu wisata di dalam negeri maupun di luar negeri. 


Nah biasanya orang-orang banyak melakukan perjalanan wisata ketika waktu libur panjang telah tiba. Seperti yang dilakukan para pelajar maupun para mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di luar kota. 


Saat menjadi anak rantau baik itu bekerja, sekolah, kuliah tentu juga membutuhkan waktu untuk mengapresiasi diri sendiri, maksudnya adalah butuh waktu untuk membuat dirinya bersantai dan mencari kesenangan dengan melakukan perjalanan wisata.


Nah bagi Anda yang saat ini berada di Papua Barat untuk bersekolah ataupun kuliah, di sana ada banyak sekali tempat wista edukasi yang sangat bagus apabila Anda kunjungi, sebab selain dapat menikmati perjalanan wisata  juga tetap bisa mengedukasi diri Anda dengan berbagai macam fasilitas yang didapatkan disana. 


Tempat wisata yang direkomendasikan ini berdekatan dengan kampus utama Papua Barat yaitu UNIPA Manokwari, tempat wisata edukasi ini dapat Anda kunjungi ketika saat berlibur. Nah adapun beberapa tempat wista edukasi di papu barat adalah sebagai berikut:


1.    Kapal Perang di Bawah Laut Teluk Doreri


Apakah Anda sudah pernah melihat kapal saat perang Dunia II? Jika sampai detik ini Anda belum pernah melihatnya jangan perlu khawatir karena Anda bisa melihat bangkai kapal perang Dunia kedua di bawah laut teluk doreri. 


Jenis kapal perang Dunia kedua ini adalah Pilbox Wreck dan Kapal Patroli Wreck. Bangkai kapal bekas perang Dunia kedua ini snagat besar dan cukup banyak yaitu berjumlah 20 bangkai, dan ukurannya masing-masing antara 12-22 meter. 


Mengunjungi tempat wisata ini tentu akan sangat menakjubkan, karena Anda tidak akan bisa mendapatkan pemAndangan seperti ini ditempat wisata lainnya. 


Tempat wisata ini menyuguhkan pesona alam bahari yang sangat megaggumkan dan juga menyajikan wisata edukasi yang dapat memeprluas ilmu pengetahuan Anda tentang sejarah dunia.



2.    Melihat Zaman Batu di Pegunungan Arfak


Pernahkah Anda berpikir bagaimana rasanya hidup di jaman batu? Silahkan Anda membayangkannya terlebih dahulu dan sialhkan membaca ataupun mengingat kembali materi tentang zaman batu yang pernah dijelaskan oleh guru sejarah saat Anda duduk di bangku sekolah.  


Papua Barat memiliki kawasan wisata yang sangat unik, saat Anda berada di kawasan tersebut Anda bisa merasakan kehidupan selayaknya dizaman purbakala. 


Kawasan ini berada di atas pegunungan arfak, di sana terdapat sebuah perkampungan tradisional yang masyarakatnya masih sangat menjunjung tinggi nilai leluhur dan hidup seperti saat ketika masih berada di zaman batu. 


Kawasan ini sudah termasuk wisata cagar alam yang sangat dilindungi, berada disana Anda akan merasakan udara yang sangat sejuk dan pemAndangan yang sangat indah. Wisata ini cocok untuk Anda kunjungi apabila Anda mengambil kuliah di UNIPA dengan jurusan Antropologi.



3.    Snorkling di Pantai Pasir Putih Yen Bebay


Papua Barat memang memiliki pesona laut yang sangat mengagumkan, disana Anda bisa berkeliling dan berkunjung ke berbagai pantai  yang keindahannya tidak dapat dipungkiri lagi. 


Ada salah satu wisata laut yang bisa Anda gunakan untuk snorkeling dengan snorkeling ini selain Anda mendapatkan kesenangan karena dapat melihat pemandangan laut yang sangat indah Anda juga bisa melakukan wisata edukasi. 


Dimana dengan melihat berbagaimacam makhluk hidup di bawah laut, Anda bisa mengetahui bagaimana pentingnya menjaga alam agar tetap indah dan lestari.