Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Objek Wisata Edukasi di Papua

Sumber : papua.antaranews.com

Papua saat ini menjadi salah satu tujuan wisata di Indonesia yang sangat ingin dikunjungi oleh banyak orang, pasalanya di sana menyimpan segudang wisata alam yang sangat eksotis dan mempesona. 


Banyak sekali tempat-tempat wisata di Papua yang tidak pernah sepi oleh pengunjung, justru kebanyakan para wisatawan yang datang adalah dari luar negeri atau mancanegara. 


Hal ini lah yang kemudian membuat Papua semakin disoroti oleh dunia, pasalnya selain menyimpan kekayaan alam yang sangat melimpah, Papua juga memiliki banyak spot wisata yang dapat memberikan keuntungan besar untuk negara.


Saat berkunjung ke Papua Anda tidak perlu bingung hendak berkunjung kemana saja, sebab setelah Anda sampai di sana Anda akan disuguhkan dengan tempat-tempat wisata yang sangat mengagumkan. 


Saat Anda melakukan perjalanan wisata ke Papua, Anda tidak hanya bisa menikmati keindahan alamnya saja, Anda juga bisa mendapatkan banyak sekali informasi penting yang bisa menambah wawasan Anda. 


Di Papua ada banyak seklaai wisata edukasi yang dapat Anda kunjungi, oleh sebab itu jika Anda seorang mahasiswa atau seorang pelajar tentu hal ini akan menjadi poin plus saat berkunjung ke tempat-tempat wisata yang ada di Papua. Adapun bebrapa tempat wisata edukasi yang dapat Anda kunjungi saat berkunjung ke Papua adalah:



1.    Tugu Pera


Selain memiliki pesona alam bahari yang membuat semua mata terpana, Papua juga menyimpan banyak sekali sejarah penting. Jadi Anda tidak perlu heran jika banyak sekali sejarahwan yang datang ke Papua untuk menggali berbagai macam informasi sejarah. 


Belajar tentang sejarah memang tidak akan pernah ada habisnya dan tidak akan pernah lekang oleh waktu, jadi meskipun Anda buka sejarahwan sebaiknya juga harus belajar banyakhal tentang sejarah terlebih lagi sejarah tentang Bangsa Indonesia. 


Salah satu wisata edukasi yang bisa Anda kunjungi saat Anda berkunjung ke Papua adalah Tugu Pera, tugu ini menjadi salah satu situs wisata sejarah yang banyak dikunjungi. 


Hal penting yang harus Anda ketahui adalah tentang sejarah didirikannya tugu tersebut, tugu pera terletak diantara dua kota yaitu Jayapura dan Merauke. Singkat cerita tugu ini dibangun untuk memperingati atau dijadikan monument bersejarah masuknya Papua menjadi bagian dari NKRI.



2.    Pulau Mansinam


Mungkin tidak banyak orang yang mengetahui tempat-tempat bersejarah di Papua, pasalnya selain jauh dari jangkuan untuk berkunjung ke Papua juga membutuhkan biaya yang cukup banyak. 


Setelah membahas tentang tugu pera, kali ini juga ada wisata edukasi lainnya yang menyimpan banyak informasi sejarah Bangsa Indonesia tempat itu adalah Pulau Mansinam. 


Pulau mansinam ini menjadi saksi perkembangan yang terjadi di kawasan Papua, pasalnya pulau ini sangat erat kaitannya dengan Ottow dan Geissler dua orang berkebangsaan Jerman yang datang ke Indonesia. 



3.    Kamp Konsentrasi Boven Digoel


Tempat wisata yang satu ini juga menyimpan sejarah yang cukup menarik, pasalnya kawasan wisata ini juga sempat menajdi perhatian banyak orang. 


Bukan karena keindahan atau pesona, melainkan banyak orang yang ingin menggali informasi sejarah dii tempat ini. Dahulu kala tempat ini adalah salah satu tempat pembuangan aatau penjara alam milik Belanda.